Berbagai format iklan video youtube

Di bawah ini ada beberapa hal yang berhubungan dengan Format Periklanan Video Youtube. Saya ambil penjelasan ini dari berbagai Kebijakan Youtube.
1.       Format Periklanan Video Youtube.
Dalam upaya untuk menyederhanakan setelan monetasi dan memandu pembuat konten seperti anda dengan lebih baik melalui berbagai opsi yang tersedia. Pihak Youtube telah mengganti nama dan mengatur ulang tentang format iklan ini. Ada beberapa jenis iklan yang dapat muncul di  samping video setelah anda mengaktifkan Monetasi Video. 
1.       Iklan Bergambar.
Penempatannya : muncul di sebelah kanan video unggulan dan di atas daftar saran video. Untuk pemutar yang lebih besar, iklan ini muncul di bawah pemutar. 
Spesifikasi : gambarnya berukuran 300 x 200 atau 300 x 60.
2.       Iklan Terawang.
Penempatannya : Iklan hamparan semi transparan yang muncul di 20% bagian bawah video anda.
Spesifikasinya : iklan gambar 468 x 60 atau 729 x 80 atau teks.
3.       Iklan video yang dapat diabaikan.
Penempatannya : Iklan video yang dapat diabaikan adalah iklan yang dapat diabaikan pemirsa setelah 5 detik, jika mau. Disisipkan sebelum, selama atau setelah video utama.  
Spesifikasinya : Diputar dalam pemutar video.
4.       Iklan video yang tidak dapat diabaikan dan iklan video panjang yang tidak dapat diabaikan. 
Penempatannya : Iklan video yang tidak dapat diabaikan harus ditonton sebelum video anda dapat ditonton. Iklan video panjang yang tidak dapat diabaikan dapat berdurasi hingga 30 detik. Iklan ini bisa muncul sebelum, selama atau setelah video utama. 
Spesifikasinya :  Diputar dalam pemutar video berdurasi 15 atau 20 detik bergantung pada standar regional. Iklan panjang yang tidak dapat dilewati bisa berdurasi hingga 30 detik.
5.       Iklan Bumper.
Penempatannya : Iklan video yang tidak dapat dilewati berdurasi hingga 6 detik yang harus ditonton sebelm video anda dapat dilihat.
Spesifikasinya : Diputar dipemutar video durasi hingga 6 detik.
6.       Kartu bersponsor.
Penempatannya : Kartu bersponsor menampilkan konten yang mungkin relevan dengan video anda seperti produk yang ditampilkan di video. Pemirsa akan melihat promosi untuk kartu tersebut selama beberapa detik. Mereka juga dapat mengklik ikon di sudut kanan atas video uuntuk menjelajahi kartu.
Spesifikasinya : Ukuran kartu bervariasi. 
2.       Penempatan Produk Berbayar dan Endorsement. 
a.       Penempatan produk berbayar adalah sebagai bagian konten yang dibuat untuk pihak ketiga dengan imbalan kompensasi dan /atau saat pesan, Brand, atau produk pihak ketiga terintegrasi langsung kedalam konten.
b.      Endorsemen adalah sebagai bagian konten yang dibuat untuk pengiklan atau pemasar yang berisi pesan yang diyakini konsumen sebagai hal yang mencerminkan opini / pendapat, keyakinan atau pengalaman dari pembuat konten atau pemberi Endorsement.
Anda dapat menyertakan Produk Berbayar, Endorsement atau konten lain yang memerlukan pengungkapan kepada penonton (Promosi Berbayar) dalam konten video anda. Jika demikian anda wajib memberitahu Youtube dengan mencentang kontak “Video Berisi Promosi Berbayar” di setelan lanjutan . Semua promosi berbayar harus sesuai dengan kebijakan iklan pihak Youtube. Selain itu, Pembuat konten dan Brand bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi kewajiban hukum untuk mengungkapkan Promosi Berbayar dalam konten mereka, termasuk waktu dan cara pengungkapan `serta kepada siapa pengungkapan tersebut ditujukan. Perlu diketahui bahwa hukum yang berlaku untuk penempatan produk berbayar dan Endorsement mungkin berbeda – beda. Pembuat konten dan Brand bertanggung jawab dalam memahami dan mematuhi kewajiban hukum sepenuhnya untuk mengungkapkan Promosi berbayar dalam konten mereka sesuai dengan wilayah hukumnya termasuk waktu dan cara pengungkapan serta kepada siapa pengungkapan tersebut ditujukan.
3.       Cara menyertakan penempatan Produk berbayar, Endorsement atau hubungan Komersial lainnya. 
Anda harus memberitahu pihak Youtube dengan mencentang kotak “Video Berisi Promosi Berbayar”  di bawah “Pernyataan Konten” di Setelan Lanjutan dengan mengikuti petunjuk berikut ini :  
1.       Pada Komputer, login ke akun Youtube anda.
2.       Buka “Pengelola Video” dengan meng klik ikon >Creator Studio>Pengelola Video.
3.       Di sebelah video, pilih “Edit”.
4.       Di bawah video, pilih tab “Setelan Lanjutan”. 
5.       Buka bagian “Pernyataan Konten”, lalu centang kotak “Video ini berisi promosi berbayar seperti penempatan produk berbayar , sponsor atau Endorsement”. 
Jika anda mencentang kotak “Video Berisi Promosi Berbayar” di bawah bagian “Pernyataan Konten” di Setelan Lanjutan, anda membantu pihak Youtube menjaga pengalaman menonton yang menyenangkan. Pihak Youtube tetap menjalankan Iklan pada video tersebut, saat anda memberitahu kami tentang video yang menyertakan Promosi berbayar. Pihak Youtube akan mengganti iklan yang bertentangan dengan Partner Brand anda dengan iklan yang lain. Selain itu, saat anda memberitahu pihak Youtube, video akan dihapus dari aplikasi Youtube Anak sesuai dengan kebijakan kami. Pihak Youtube kini menawarkan fitur tambahan yang memungkinkan pembuat konten untuk ikut serta dalam pengungkapan yang bisa dilihat oleh penonton yang muncul dalam bentuk hamparan teks selama beberapa detik pertama saat mereka menonton video. Anda dapat memilih untuk menambahkan pengungkapan Promosi Berbayar ke setiap Video Baru atau video yang ada tanpa harus mengupload video baru. Jika anda menambahkan pengungkapan promosi berbayar ke video yang ada, video tersebut akan tetap menyimpan jumlah tayangan dan metric video lainnya. 
Gunakan fitur pengungkapan promosi berbayar dengan mengikuti petunjuk berikut ini  : 
1.       Untuk setiap video baru atau video yang ada yang berisi Promosi Berbayar, ikuti langkah – langkah di atas untuk mencentang kotak “Video berisi Promosi Berbayar”.
2.       Anda akan melihat kotak centang kedua yang menyatakan “Bantu saya memberitahu penonton mengenai Promosi Berbayar dengan menambahkan pengungkapan pada video ini. Pengungkapan tambahan untuk video ini dapat diwajibkan menurut hukum yang berlaku”.
3.       Centang kotak ini untuk menambahkan pesan teks berdurasi 10 detik pada video yang menyatakan “Disertai Promosi Berbayar”.
4.       Penonton akan melihat teks tersebut saat mulai menonton video di computer atau di aplikasi seluler Youtube versi terbaru.
Berdasarkan kebijakan iklan Youtube, anda tidak diperbolehkan menyertakan atau menyematkan video yang dibuat dan disediakan oleh pengiklan kedalam konten atau jeda komersial lainnya dimana Youtube menawarkan format iklan yang sama. Jika ada pengiklan yang tertarik untuk menayangkan iklan secara khusus pada konten anda, bekerjasamalah dengan pengelola Partner anda untuk memfasilitasi transaksi tersebut. Kebijakan ini tidak berlaku untuk video yang dibuat oleh dan untuk brand dan di upload ke saluran Youtube Brand tersebut.
Youtube mengijinkan Kartu Judul dan Kartu Akhir Statis yang menyertakan Promosi Berbayar dengan tujuan mengungkapkan hubungan ini atau afiliasi sponsor atau pemasar lainnya dengan konten yang digunakan. Kartu Judul dan Kartu Akhir ini dapat berupa grafis serta berisi logo dan branding produk sponsor atau pemasar. 
1.       Kartu Judul : Berdurasi lima detik atau kurang dan bersifat statis. Jika ditempatkan di awal video (0.01 detik), kartu tersebut harus disertai dengan Nama / Logo Pembuat Konten.

2.       Kartu Akhir : Ditempatkan di 30 detik terakhir video dan harus bersifat statis. 

0 komentar:

Post a Comment