Format Iklan Youtube

Ini beberapa hal yang berhubungan dengan Iklan. Saya kumpulkan dari Sumbernya langsung, yaitu Google Adsense. Memang memerlukan penjelasan lebih terperinci, mungkin dilain hari akan saya tambahkan sesuai dengan pengalaman saya sendiri.  Sekali lagi, ini Bukan Tulisan Saya. Saya hanya merangkum dan mengumpulkan saja. Tulisan ini diambil dari Google Adsense.
A.      Jenis Iklan.
Google menawarkan beberapa opsi berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada laman dan dalam laporan anda.  Ini beberapa jenis iklannya :
1.       Teks : termasuk iklan teks yang telah ditampilkan dalam format bergaya majalah seperti gambar.
2.       Gambar.
3.       Multi Media.
4.       Flash.
5.       Video.
6.       Gambar Animasi.
7.       Audio.
8.       Unit tautan.  
Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan default untuk akun anda. 
1.       Iklan Bergambar.
Iklan bergambar merupakan Iklan Grafik yang ditawarkan dalam beberapa format iklan diantaranya :
a.       Iklan yang telah disarankan pihak Google Adsense sendiri. Formar iklannya berbeda – beda.
b.      Iklan Horizontal.
c.       Iklan Tegak.
d.      Iklan Persegi.
2.       Iklan Gambar dinamis. 
Iklan Gambar animasi adalah gambar grafis yang dinamis yang dapat muncul di unit iklan jika anda telah mengaktifkan iklan gambar. 
3.       Iklan HTML.
Iklan HTML adalah situs mini interaktif yang disesuaikan yang dapat ditampilkan sebagai iklan Google pada situs yang menggunakan Adsense untuk konten. Iklan HTML adalah jenis iklan Multi Media. 
Berikut ini ada beberapa catatan penting tentang Iklan HTML, yaitu :
a.       Ukuran : Iklan HTML dapat ditampilkan dalam ukuran iklan yang sama yang mendukung iklan gambar. Agar Iklan HTML tampil di salah satu unit iklan anda, anda harus menggunakan salah satu ukuran iklan ini dan juga telah mengaktifkan iklan bergambar untuk unit iklan tersebut.
b.      Pelaporan : Google Adsesnse akan menghitung satu klik untuk setiap klik tayang yang dilakukan pengguna yang mengarahkannya menuju situs pengiklan. Bergantung pada penerapan iklan, ini dapat berupa klik pada logo atau URL yang terlihat. 
4.       Iklan Kosong.
Iklan kosong berpadu dengan latar belakang laman web anda. Pengguna tidak dapat melihat iklan kosong jadi pengalaman pengguna tidak akan terganggu, namun karena tidak ada yang dapat di klik, anda juga tidak akan menghasilkan pendapatan apapun.
Perlu diketahui bahwa iklan kosong memakan jumlah tempat yang sama dengan iklan aktif. Misalnya : anda telah menempatkan kode iklan untuk kotak sedang ukuran 300 x 250 diantara dua paragraph di laman. Sampai iklan aktif mulai ditampilkan, ruang kosong ukuran 300 x 250 akan menempati posisi di antara dua paragraph tersebut.  
5.       Iklan Lightbox.
Iklan Lightbox adalah jenis iklan yang dapat diperluas hingga ukuran yang sangat besar hingga 1000 x 600 piksel. Ketika pengguna memilih untuk terlibat dengan Iklan Lightbox (dengan mengarahkan kursor diatas iklan selama dua detik), iklan kemudian meluas ke tengah laman. Setelah iklan diperluas, lapisan terang membuat latar belakang laman menjadi abu – abu sehingga memberi pengguna pengalaman iklan yang mendekati layar penuh. Iklan Lightbox adalah format keterlibatan tinggi dan hanya tersedia di Google Display Network (GDN). 
Iklan Lightbox ditayangkan sebagai iklan pihak ketiga dan dibuat oleh vendor multimedia tersertifikasi Google untuk pengiklan display teratas di jaringan kami. Pengiklan membayar iklan Lightbox dengan basis biaya per keterlibatan (BPKt) yang berarti bahwa anda mendapat penghasilan dari iklan Lightbox ketika pengguna memilih untuk terlibat dengan iklan di laman anda yaitu dengan mengarahkan kursor selama 2 detik untuk meluaskan iklan. 
6.       Iklan Multi Media.
Grup jenis iklan alternative yang mencakup iklan HTML, Flash dan Video. Anda dapat memilih apakah akan menampilkan iklan Multi Media saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun anda. 
7.       Iklan Penelusuran Ubahsesuaian.
Iklan Penelusuran Ubahsesuaian adalah produk Google yang memungkinkan penayang yang memiliki teknologi mesin telusurnya sendiri untuk memonetasi laman hasil penelusuran mereka.
Iklan Penelusuran Ubahsesuaian saat ini hanya tersedia untuk sejumlah penayang dalam jumlah terbatas. Jika anda merasa bahwa situs anda cocok, Google adsense menyarankan anda untuk membaca selengkapnya peraturannya dan mendaftar.
Jika anda sudah menggunakan produk Google Penelusuran Ubahsesuaian seperti adsense untuk penelusuran, untuk menerima baik hasil penelusuran maupun iklan, maka anda tidak memerlukan Iklan Penelusuran Ubahsesuaian. Semua mesin telusur Ubahsesuaian otomatis dimonetasikan tanpa langkah – langkah tambahan apapun dan anda dapat elacak penerimaan yang diperoleh dalam laporan kinerja Adsense untuk penelusuran.
8.       Iklan Teks.
Iklan Teks biasanya berisi judul yang juga merupakan tautan yang dapat di klik ke laman web satu atau dua baris teks dan alamat situs web berwarna hijau. Iklan teks terkadang dikenal sebagai “Tautan Sponsor” karena judul tertaut ke situs web yang diiklankan. Iklan ini dapat tampil di laman hasil penelusuran google dan di seluruh Google Display Network. Iklan Teks mungkin terlihat sedikit berbeda di Display Network.
9.       Iklan yang Dapat Diperluas.
Iklan yang Dapat Diperluas adalah iklan Multi Media yang dapat diperluas melebihi ukuran asli unit iklan, mengikuti tindakan yang dipicu oleh pengguna. Hal ini menciptakan keadaan yang lebih nyata bagi iklan, yang memungkinkan lebih banyak interaksi dari pengguna yang berminat.  Contohnya : Iklan yang Dapat Diperluas dapat melakukan streaming, cuplikan film, menayangkan klip game video atau menampilkan berbagai tampilan item diskon. 
B.      Format Iklan.
Ukuran iklan yang ditampilkan pada situs misalnya pilar 120 x 600 piksel. Semua format dapat dilihat dilaman format iklan Google Adsense. Format iklan yang berbeda dapat mendukung jenis iklan yang berbeda, misalnya iklan teks, gambar atau video. Jumlah iklan individu yang ditampilkan tiap – tiap format iklan juga berbeda, misalnya format iklan spanduk akan menampilkan maksimal 2 iklan pada laman secara horizontal dan format pilar akan menampilkan maksimal 4 iklan secara vertical. 
C.      Kode Iklan.
HTML yang ditempatkan pada semua laman pada situs yang disetujui penayang yang memiliki situs, agar iklan dapat ditampilkan pada laman tersebut dalam format letak iklan tertentu. 
D.      Penempatan Iklan.
Penempatan Iklan adalah sekumpulan unit iklan tertentu tempat pengiklan dapat memilih ntuk menepatkan iklan. Mereka menggunakan penargetan penempatan. Penempatan Iklan dapat berukuran seluas seluruh situs web atau sekhusus satu unit iklan. Penempatan dapat dilihat oleh pengiklan dengan dua (2) cara, yaitu :
1.       Penempatan yang dibuat secara Otomatis.
Setiap situs web penayang di jaringan Adsense secara otomatis tersedia untuk pengiklan sebagai target penempatan iklan mereka. Bila pengiklan menargetkan jenis penempatan ini, iklan mereka dapat muncul dianapun di situs web tersebut.  
2.       Penempatan yang ditetapkan oleh Penayang. 
Anda dapat menetapkan penempatan iklan menggunakan saluran khusus. Anda meilih cara mengelompokkan unit iklan tertentu di situs yang anda inginkan agar dapat ditargetkan pengiklan. Cara umum mengelompokkan unit iklan menjadi saluran khusus adalah berdasarkan topic, format iklan, atau lokasi pada laman. Bila pengiklan menargetkan penempatan iklan yang ditetapkan penayang, iklan mereka hanya dapat muncul di unit iklan tertentu yang dipilih penayang.  
E.       Permintaan Iklan.
Permintaan Iklan dihitung bila situs anda meminta iklan untuk ditampilkan. Permintaan Iklan adalah jumlah unit iklan yang meminta iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran). Kami melaporkan permintaan iklan setiap kali permintaan dikirim, meskipun tidak ada iklan yang dihasilkan dan sebagai gantinya iklan cadangan ditampilkan. 
F.       PPS Iklan.
Pendapatan Per Seribu Tayangan (PPS) iklan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan dengan jumlah tayangan iklan yang anda terima, lalu dikalikan 1000. 
PPS Iklan = (taksiran Penghasilan / Tayangan Iklan) x 1000. 
Contohnya : Jika taksiran Penghasilan anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan , PPS iklan akan sama dengan ($180/45.000)x 1000 atau $4.
G.     PPS Permintaan Iklan.
Perdapatan Per Seribu (PPS) Permintaan Iklan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat lalu dikalikan 1000.
PPS Permintaan Iklan = (Taksiran Penghasilan / Jumlah Permintaan Iklan) x 1000.
Contohnya : Jika anda memperoleh Taksiran $60 dari 15.000 Permintaan Iklan, PPS Permintaan Iklan akan sama dengan ($60/15.000)x 1000 atau $4.
H.     PPS Sesi Iklan.
Penghasilan Rata – rata Per 1000 Sesi Iklan.
PPS Sesi Iklan = (Taksiran Penghasilan / Jumlah Sesi Iklan) x 1000.
I.        RKT Iklan.
Untuk Iklan Standar, Rasio Klik Tayang (RKT) iklan anda adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah Tayangan iklan individual. 
RKT Iklan = Klik / Tayangan Iklan.
Contohnya : Jika Iklan anda menerima 5 Klik dari 1000 Tayangan Iklan, RKT Iklan anda adalah 0,5% .
Untuk unit Tautan, Jumlah Klik Iklan dibagi dengan Jumlah tayangan laman tempat iklan muncul saat unit tautan di klik. 
J.        RKT Permintaan Iklan.
Rasio Klik Tayang (RKT) Permintaan Iklan adalah Jumlah Klik Iklan dibagi dengan jumlah Permintaan Iklan.
RKT Permintaan Iklan = Klik / Permintaan Iklan.
Contohnya : Jika anda menerima 7 Klik dari 1000 Permintaan Iklan, RKT Permintaan Iklan anda adalah 0,7%.  (7/1000 = 0,7%).
K.      Sesi Iklan.
Jumlah Total Sesi Iklan. Sesi Iklan dihitung setiap kali pengguna mengunjungi situs anda dan melihat satu atau beberapa laman dengan iklan dalam jangka waktu tertentu.
L.       Sesi Iklan Terukur.
Persentase Lalu Lintas yang dapat diukur sesi iklannya dengan Adsense. Perhatikan bahwa Adsense mungkin tidak dapat mengukur 100% sesi Iklan di situs anda.
Misalnya : Jika pengguna mengubah setelan cookie mereka. 
M.    Tayangan Iklan.
Tayangan Iklan dilaporkan setiap kali iklan individual ditampilkan di situs web anda. Format Iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan.
Misalnya : Setiap kali spanduk tegak muncul di situs, anda akan melihat dua tayangan iklan dalam laporan. Selain itu, perhatikan bahwa jumlah iklan dalam unit iklan manapun bisa berbeda – beda. Tergantung pada apakah unit iklan menampilkan iklan teks standar, iklan teks diperpanjang, atau iklan bergambar.
N.     Tayangan Per sesi Iklan.
Jumlah Rata – rata tayangan iklan per sesi iklan. Perhatikan bahwa biasanya ada beberapa tayangan iklan per pemuatan Laman.
O.     Unit Iklan.
Serangkaian Iklan yang ditampilkan karena satu bagian Kode Iklan Adsense. Anda dapat membuat dan mengubahsesuaikan unit iklan di Adsense. Anda dapat memberi nama unit iklan dan mengelola setelannya di akun terutama untuk unit iklan yang dibuat setelah 7 November 2007.






0 komentar:

Post a Comment