Tips Cara Mendapatkan URL Kustom untuk Channel Youtube

Tips Cara Mendapatkan URL Kustom untuk Channel Youtube.
Saya akan mengulang kembali judul diatas pada blog ini. Jika Channel memenuhi syarat, anda dapat memberikan URL Kustom kepada penggemar untuk mengakses Channel Youtube anda. URL Kustom adalah alamat web yang mudah diingat.  Alamat ini disebut URL Kustom dan terlihat seperti ini : youtube.com/namakustomanda dan youtube.com/c/namakustomanda. Contoh Channel Youtube saya adalah youtube.com/c/erwinedwardovi. Anda dapat memilih URL berdasarkan hal – hal yang disukai, seperti nama yang ditampilkan, nama pengguna youtube. URL maya yang saat ini anda miliki atau nama situs web yang tertaut. Hal ini tergantung mana yang tersedia. Saat membagikan URL Kustom, anda dapat mengubah penggunaan huruf besar dan aksennya seperti yang diinginkan.  Misalnya youtube.com/c/namakustomanda dan youtube.com/namakustomanda akan mengarahkan penonton ke channel yang sama. Anda tidak dapat mengubah URL Kustom setelah dibuat, tapi anda dapat menghapus URL Kustom dari channel dan mengklaim URL baru jika ingin mengubahnya. Bila mengklaim URL Khusus di Youtube, anda tidak lagi mendapatkan URL Google+. 
A.      Mengklaim URL Kustom untuk Youtube. 
Anda dapat mengklaim URL Kustom, jika memenuhi persyaratan kelayakan umum.
1.       Persyaratan Kelayakan Umum.
Untuk membuat URL Kustom untuk Channel, akun anda harus :
a.       Memiliki 100 Subscriber (Pelanggan) atau lebih.
b.      Berusia setidaknya 30 hari.
c.       Telah mengupload foto untuk ikon Channel.
d.      Telah mengupload header channel.  
Secara umum, Channel Youtube hanya boleh memiliki satu (1) URL Kustom dan URL Kustom tidak bisa ditransfer atau dipindahkan ke orang lain. 
2.       Menyiapkan URL Kustom untuk Channel anda.
Jika memenuhi syarat untuk mendapatkan URL Kustom, anda akan melihat notifikasi di “Setelan Akun Lanjutan”, menerima notifikasi email, dan mungkin akan melihat notifikasi di Dasbor Creator Studio. Sebelum memulai, harap diingat bahwa anda tidak dapat mengubah URL Kustom setelah dibuat, termasuk mengubah huruf besar, aksen atau diakritik. Langkah – langkah untuk membuat URL Kustom adalah sebagai berikut :
a.       Login (Masuk) ke Akun Youtube anda. 
b.      Buka “Setelan Akun Lanjutan” dengan mengklik ikon di kanan atas > setelan. Lalu klik “Lanjutan” dibawah nama akun anda.  
c.       Di bagian “Setelan Channel”, klik link yang ada di samping “Anda memenuhi Syarat untuk URL Kustom”. Anda hanya akan melihat link ini, jika channel memenuhi syarat. 
d.      Pada kotak “Dapatkan URL Kustom”, anda akan melihat URL Kustom yang telah disetujui. Anda tidak dapat mengubah bagian di kotak berwarna abu – abu, tetapi anda dapat menambahkan beberapa huruf atau angka agar URL tersebut tampak unik.
e.      Baca dan pahami “Persyaratan Penggunaan URL Kustom” dengan cermat dan centang kotak untuk menyetujuinya, lalu klik “Ubah URL”.
f.        Setelah URL Kustom disetujui, anda tidak dapat meminta untuk mengubahnya lagi. Jadi pastikan ini adalah URL yang anda inginkan sebelum mengklik “Konfirmasi Pilihan”.  
Setelah anda memiliki URL Kustom, penonton dapat mengakses channel dengan menggunakan URL Kustom tersebut, misalnya : youtube.com/namakustomanda yang akan mengarahkan penonton ke halaman beranda Channel. 
3.       Menghapus URL Kustom dan mengklaim URL baru.
Anda dapat menghapus URL Kustom dari Channel maksimal 3 kali pertahun. Jika dihapus, URL Kustom akan dinonaktifkan sehingga tidak bisa dipakai lagi untu mengarahkn penonton ke Channel anda. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
a.       Login (Masuk) ke akun Google anda dan buka halaman “Tentang Saya”.
b.      Pilih akun dengan channel Youtube anda di bagian kanan atas. Anda mungkin harus mengklik “Semua Akun Bisnis” jika akun anda tidak ada dalam daftar.
c.        Cari URL Kustom anda di bagian “Situs” dan klik edit.
d.      Di samping URL yang ingin dihapus, klik “X”.
e.      Klik “Oke”.
Jika memenuhi syarat, anda dapat langsung mengklaim URL Kustom baru, setelah menghapus URL Kustom lama. Namun, mungkin perlu waktu beberapa hari,  sebelum URL  Kustom yang lama berhenti mengarahkan penonton ke Channel Youtube anda. Anda tidak dapat mengklaim URL Kustom baru, anda harus memenuhi persyaratan kelayakan umum dan mengikuti langkah – langkah diatas.
B.      Memahami URL Saluran Anda. 
Saluran anda dapat memiliki beberapa URL yang akan mengarahkan pemirsa ke beranda saluran. URL ini dapat terlihat berbeda satu sama lain, tapi semuanya akan mengarahkan pemirsa ke tempat yang sama, yakni saluran anda.
1.       URL Berbasis ID. 
Misalnya : youtube.com/UCUURANtasikTEEA.
Ini adalah URL standar yang digunakan semua saluran Youtube. URL menggunakan ID saluran unik anda, yang merupakan angka dan huruf di akhir URL. 
2.       URL Khusus.
Misalnya : Youtube.com/c/YoutubeCreators.
URL Khusus adalah URL yang lebih pendek dan mudah diingat yang dapat anda bagikan kepada pemirsa. URL Khusus diberikan kepada saluran yang memenuhi syarat dan didasarkan pada nama tampilan saat ini, nama pengguna lawas atau Domain Web anda yang terhubung dan terverifikasi. Jika anda memasukkan URL Khusus dalam format yang singkat misalnya youtube.com/youtubecreators VS URL Lengkap youtube.com/c/youtubecreators. URL langsung ditetapkan ke URL berbasis ID atau URL Pengguna Lawas, jika anda memilikinya. Karena youtube memperlakukan URL nama Pengguna Lawas sebagai URL saluran utama anda. Anda dapat memeriksa apakah anda sudah memiliki URL Khusus di “Setelan Akun Lanjutan”.
3.       URL Nama Pengguna Lawas.
Misalnya : youtube.com/user/partnersupport.

Tergantung pada saat saluran dibuat, saluran anda mungkin memiliki nama pengguna. Sekarang nama pengguna untuk saluran tidak lagi diperlukan, tetapi anda masih dapat menggunakan URL ini untuk mengarahkan ke saluran anda. Bahkan jika nama saluran telah berubah sejak anda memilih nama pengguna. Nama pengguna tidak dapat diubah.

0 komentar:

Post a Comment