43 Tempat Wisata di Kabupaten Garut

43 Tempat Wisata di Kabupaten Garut – Jawa Barat

Garut merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Garut. Garut punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Garut, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda kunjungi. Selama ini jika Garut jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Garut ini juga memiliki banyak tempat - tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.
1.      Gunung Papandayan.
Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan Garut, dan tidak begitu jauh dari pusat kota garut. Topografinya termasuk kawasan curam, berbukit dan disertai dengan tebing terjal. Disekitar kawasan masih hijau dan bagus. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan suasana dan udara yang segar disini. Untuk menuju lokasi, anda cukup menuju kearah Cisurupan garut, searah dengan rute menuju pantai santolo. Di kecamatan Cisurupan (kurang lebih 30 Km dari garut kota) anda akan menemukan jalan menuju papandayan yang terletak tepat di pinggir Mesjid Agung Cisurupan. Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan cisurupan (warna putih-biru) dari terminal Garut, dan berhenti di alun-alun Cisurupan. Dari sana bisa menggunakan ojek untuk menuju ke lokasi. Jika rombongan, anda bisa langsung menyewa angkutan kota untuk langsung menuju lokasi. Akses jalan ke lokasi juga sudah bagus, dan mudah dicapai. Anda bisa langsung parkir di area parkir utama yang cukup luas. Di tempat ini, anda bisa menikmati area kawah yang luas (kurang lebih 10 ha) dengan pemandangan yang indah banget. Area kawah yang gersang dan putih, dibingkai dengan kawasan hutan hijau yang indah serta udara yang segar. Selain itu juga terdapat tempat-tempat unik seperti kolam bekas letusan yang berada persis di pinggir kawah, kawasan hutan mati yang merupakan area hutan yang mati karena letusan terdahulu, dan juga area perkemahan seperti pondok saladah. Selain itu juga terdapat padang edelweiss tegal alun yang merupakan salah satu padang edelweiss luas di Indonesia. Disini anda bisa melihat pemandangan yang cukup unik; bentangan edelweiss yang luas sekali. Bagi anda yang ingin mencoba naik gunung, jalur pendakian gunung papandayan tergolong mudah untuk pemula. tidak terlalu banyak tanjakan yang ekstrem dengan medan yang sulit. Bahkan kami pun yang sudah lama sekali tidak naik gunung, masih bisa hiking mengitari area kawah papandayan sampai dengan area padang edelweiss tegal alun dalam satu hari saja.
2.      Hutan Mati Gunung Papandayan. (Lokasi : Berada di kawasan Gunung Papandayan. Hutan Mati Gunung Papandayan terletak di Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Kawasan ini berupa sebuah padang yang menyajikan pemandangan pohon-pohon kering dan memberikan pesona keindahan yang eksotis. Kawasan hutam mati ini sering dilewati para pendaki Gunung Papandayan sebelum sampai ke puncak Tegal Alun. Berdasarkan sejarah, pohon-pohon mati yang terdapat di Hutan Mati ini berawal dari letusan Gunung Papandayan yang terjadi ratusan tahun silam. Letusan tersebut luar biasa dahsyatnya dan terjadi pada 11-12 Agustus 1772, tanpa ada peringatan terlebih dahulu, sehingga menyebabkan sekitar empat puluh desa terkubur. Kawasan Hutan Mati ini menyajikan pemandangan pohon-pohon yang kering tanpa daun dan beberapa pohon bahkan sudah terlihat Menghitam. Terkesan suram memang, tapi hal ini justru merupakan daya tarik tersendiri dari kawasan hutan ini.
3.      Taman Satwa Cikembulan. (Lokasi :  Cikembulan, Kadungora, Kabupaten Garut).
Taman Satwa Cikembulan berlokasi di Cikembulan, Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Taman satwa atau kebun binatang ini sangat cocok buat liburan keluarga kebun binatang ini merupakan hasil dari kreativitas warga setempat. Di dalam taman satwa ini terdapat beragam jenis satwa, salah satu yang menjadi favorit para wisatawan adalah Macan Tutul Jantan, termasuk Harimau Sumatera. Selain Kebun Binatang Cikembulan juga menyediakan pemancingan bagi pengunjung yang suka memancing. Taman Satwa Cikembulan merupakan salah satu alternatif lain apabila Anda merencanakan berlibur ke Garut. Terletak sekitar 16 km dari pusat kota, atau 10 km sebelah Utara Tarogong, arah jalan menuju Bandung, tepatnya berlokasi di Kampung Jati Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.
4.      Candi Cangkuang. (Lokasi : Ds. Cangkuang, Kec. Leles, Kabupaten Garut).
Candi Cangkuang merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kota Garut. Candi peninggalan masa Hindu ini terletak di kecamatan Leles dan mudah untuk di akses dari ibu kota jawa barat , Bandung. Kompleks wisata candi cangkuang terletak ditengah situ (danau kecil) Cangkuang. Selain itu terdapat juga kampung adat tradisional yaitu kampung Pulo . Candi ini diperkirakan di bangun pada abad 8 M dan merupakan peninggalan budaya hindu di jawa barat. Untuk mencapai candi ini, anda dapat menggunakan jasa penyeberangan rakit yang dapat menampung cukup banyak penumpang . Selain menikmati keindahan alam sekitar yang cukup asri, anda juga bisa berkunjung ke kampung adat pulo yang terletak persis di pinggir candi cangkuang .
Anda juga dapat menemukan catatan sejarah pemugaran candi cangkuang dan benda-benda peninggalan zaman hindu dan islam di museum cangkuang. Satu hal yang menarik, meskipun berasal dari masa Hindu, namun disekitar candi banyak terdapat peninggalan masa islam awal di jawa barat. Selain itu juga terdapat makam eyang embah dalem Arif Muhammad yang terletak persis di pinggir candi . Eyang embah dalem Arif Muhammad adalah salah satu penyebar agama silam di jawa barat. Penduduk sekitar situ cangkuang menganggap mereka adalah keturunan langsung dari eyang embah dalem Arif Muhammad. 
Jika menggunakan transportasi umum, anda dapat mencapai candi cangkuang menggunakan Bis jurusan Garut dari Bandung/Jakarta dan berhenti di alun-alun kecamatan Leles . Dari alun-alun Leles, anda dapat menggunakan andong ataupun jasa ojek yang banyak terdapat disana untuk langsung menuju situ dan candi cangkuang . Sarana parkir untuk pengunjung tersedia cukup luas. Selain itu juga terdapat banyak warung/tempat makan. Sarana lain seperti toilet dan Mushala juga sudah tersedia. Di sekitar candi juga terdapat tempat belanja oleh-oleh yang cukup lengkap.
5.      Kampung Pulo. (Lokasi :  Cijakar, Kec. Leles Kab. Garut).
Kampung pulo berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles,Kabupaten Garut. Untuk masuk ke komplek wisata ini Anda harus membayar tiket seharga 5.000 ribu rupiah. Sejuknya suasana pedesaan disana ditambah adanya danau dengan para penunggang rakit yang saling berselingsing membawa penumpang menuju kampong pulo. Akan terasa sensasi tersendiri ketika menaiki rakit yang membawa para pengunjung. Setelah menaiki rakit sekitar 10 menit, tibalah di objek wisata cangkuang. Di lokasi tersebut Anda akan melihat beragam oleh-oleh khas kota garut dan ornamen-ornamen unik asli Garut. Kemudian Anda akan melewati komplek perumahan rumah adat Kampung Pulo.
6.      Situ Bagendit. (Lokasi : desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Situ Bagendit adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Obyek wisata ini banyak dikunjungi karena letaknya yang mudah dijangkau. Jarak Situ Bagendit dari pusat Kota Garut berkisar 4 kilometer saja dan dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan. Beragam aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan antara lain mengelilingi danau dengan rakit yang tersedia, ataupun menikmati suasana arena bermain dan pasar rakyat yang ada di sekitar danau.
7.      Kampung Sampireun. (Lokasi : Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 4, Ciparay, Sukakarya, Samarang, Kabupaten Garut).
Garut merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat yang terkenal dengan aneka kuliner khasnya yang sangat lezat dan enak sekali seperi dodol garut dan yang lainnya. Kampung sampireun memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjungi ke kota Garut, dikarenakan terdapat banyak sekali berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang kekawasan ini. Banyak dari para wisatawan yang menginap dikawasan kampung ini karena terpikat dengan keunikan yang ada ditempat ini. Kampung Sampireun sendiri memilikki bungalow sebanyak 22 unit dan 20 unit Villa Garden. Jadi para pengunjung yang datang kekawasan wisata resort yang bernuansa kampung ala sunda ini pun bisa memilih sendiri type penginapan yang sesuai dengan kebutuhan.
8.      Kebun Mawar Situhapa. (Lokasi : Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut).
Situhapa berlokasi di Jalan kamojang KM 5 kecamatan Samarang, Garut. Terletak dekat dengan kampung sampireun, sehingga akan mudah untuk ditemukan. Kebun mawar situhapa merupakan villa / bungalow dengan area halaman berupa kebun mawar yang luas banget. Disini Anda akan menemukan berbagai jenis mawar yang sengaja ditanam. Jika waktunya pas, pemandangan disana akan sangat indah dihiasai berbagai bunga mawar yang sedang mekar serentak. Untuk menikmati keindahan kebun mawar situhapa Anda cukup membayar tiket sebesar 15 ribu saja.
9.      Sabda Alam Cipanas. (Lokasi : Jl. Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Rancabango,  Kabupaten Garut).
Sabda Alam Cipanas berlokasi di Jl. Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Rancabango, Kabupaten Garut.Obyek wisata ini berupa taman air yang menyediakan beragam wahana permainan air seperti Nampan Tumpah, Waterboom, Waterboom Spiral, Sliderboom, Sliderboom Dewasa, Jamur Payung, Kuda Laut, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan, Sasak Rawayan, Goa Harimau, Flying Fox, dan Bungee Trampoline. Berbagai wahana dan fasilitas tersebut dapat dinikmati pengunjung sepuasnya.
10.  Puncak Darajat Garut. (Lokasi : Jl. Puncak Darajat, Pasirwangi, Kabupaten Garut).
Puncak Darajat berlokasi di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Obyek wsiata ini menawarkan pemandangan yang indah sepanjang mata memandang karena lokasinya berada paling puncak. Saat tiba di Puncak Darajat mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya pertanian yang mengelilingi area wisata. Di lokasi ini terdapat empat kolam renang air panas, 2 diantaranya adalah kolam renang untuk anak-anak, sedangkan 2 lagi khusus untuk dewasa. Tersedia juga faslitas waterboom, waterpark yang bisa dinikmati, dimana fasilitas ini akan menambah keseruan liburan pengunjung disini.
11.  Darajat Pass Garut.  (Lokasi : Jl. Darajat KM. 14, Kampung Bedeng RT/RW : 09/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut).  
Darajat Pass Garut adalah obyek wisata yang berlokasi di Jl. Darajat KM. 14, Kampung Bedeng RT/RW : 09/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Darajat Pass Garut merupakan sebuah Objek Wisata Pemandian Air Panas, Taman Air, Rumah Makan, Out Bound & Penginapan yang terletak di Garut Barat dengan jarak 25 KM dari Garut Kota, dengan nuansa pegunungan, Lingkungan Pertanian dengan panorama alam yang indah.
12.  Kawah Talaga Bodas. (Lokasi : Wanajaya, Jalan Telaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut).
Kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata alam di Garut bertema wisata alam yang cukup pavorit setelah Gunung Papandayan. Tepatnya, obyek wisata ini berada di Jalan Telaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut. Talaga artinya “danau” sedangkan bodas artinya “putih” dan jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Danau Putih”. Sesuai dengan namanya “Talaga Bodas” kawah di Gunung ini membentuk danau dengan air berwarna putih. Meskipun aktivitas vilkanik di kawah ini masih aktif, akan tetapi tidak akan membahayakan keselamatan pengunjung. Suasana sejuk disertai view pemandangan yang indah bisa ditemukan di sini karena Gunung Talaga Boadas masih rimbun dan hijau juga berbatasan langsung dengan hutan belantara. Obejk Wisata ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan.
13.  Pesona Kawah Darajat. (Lokasi :  Karyamekar, Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Kawah darajat ini memiliki luas sekitar 40 Ha dan dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dikelola oleh PT.Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina. Kawasan ini sering digunakan tracking oleh para pengunjung yang datang untuk menikmati sekaligus meneliti kawah yang masih aktif ini. Agar bisa beraktifitas di tempat ini, pegunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Amoseas. Hal tersebut dikarenakan kawasan ini merupakan kawasan industri dan juga bahaya akan gas alam. Selain pemandangannya yang alami, alasan lain pengunjung datang ke darajat ini ialah pemandian air panas darajat.
14.  Curug Sanghyang Taraje. (Lokasi : Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan).
Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun yang berada di ketinggian 660 mdpl dengan ketinggian air terjunnya yaitu 82m.Lokasinya berada di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut. Posisi tepatnya di dekat hutan, namun akses menuju ke Curug Sanghyang Taraje ini cukup mudah dijangkau. Keunggulan obyek wisata ini selain air terjunnya adalah pemandangan alam disekitarnya yang sangat indah dan udara yang segar.
15.  Curug Orok. (Lokasi : Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Curug Orok berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Waktu tempuh dari terminal Garut ke lokasi ini kurang lebih sekitar 35,8 km atau sekitar 1 jam perjalanan normal menggunakan kendaraan. Akses jalan tergolong bagus meskipun terdapat sedikit bagian yang sempit terutama dari pertigaan jl. papanggungan, Cikajang sampai ke lokasi. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini adalah menikati pemandangan alam disekitar air terjun, rekreasi keluarga, aktivitas camping. Tersedia area khusus camping yang tidak kalah exotis-nya dengan yang lain. Selain itu, kurang lebih sekitar 100 meter dari Curug, terdapat kolam renang air dingin yang bisa dinikmati tanpa dikenakan lagi biaya tambahan.
16.  Curug Jagapati. (Lokasi : Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat).  
Air Terjun Curug Jagapati berlokasi di Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki lintasan yang cukup panjang, bukan terjun dari sebuah tebing melainkan turun memanjang melalui celah sempit yang ada di tengah-tengah antara kedua tebing. Tebing kokoh dikanan dan kiri beserta panorama alam sekitar yang begitu indah menjadi background yang sangat sempurna bagi kawasan ini. Meski membutuhkan perjuangan yang cukup sulit agar sampai ke lokasi namun perjuangan anda akan terbayarkan setibanya anda di lokasi.
17.  Curug Leuwi Tonjong. (Lokasi : Kp. Rontog - DS. Jayamukti - Kec. Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Curug Leuwi Tonjong berlokasi di Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173. Obyek wsiata ini menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan. Air terjun kecil dan kolam air alami dengan airnya yang segar merupakan ciri khas dari Leuwi Tonjong. Banyak wisatawan yang berenang atau sekedar bermain air di tempat ini. Viewnya yang instagramble, membuat Leuwi Tonjong ini recommended untuk kamu yang ingin menambah koleksi foto Instagram.
18.  Curug Nyogong. (Lokasi :  Kp. Sawahpasir,, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat).  
Secara administratif, Curug Nyogong berada di Kampung Sawah Pasir, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Nyogong memiliki arti menikung. Hal ini mencerminkan aliran jatuhan Curug Nyogong yang memang sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya, yaitu Curug Cialeuan. Secara keseluruhan, tingkat pencapaian menuju lokasi Curug Nyogong cukup mudah. Kunjungan wisatawan ke Curug Nyogong saat ini masih didominasi oleh wisatawan lokal di sekitar Kecamatan Cihurip ataupun Kecamatan Cikajang. Curug Nyogong merupakan salah satu potensi wisata air terjun andalan yang berada di Kecamatan Cihurip selain Curug Cibadak yang saat ini juga tingkat kunjungannya masih rendah. Pada pagi hari dan selepas pukul 17.00 WIB, udara di sekitar perkebunan Cikajang akan sangat dingin, disarankan untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan medan dan cuaca yang akan dilalui. Kabut cukup tebal biasanya turun menjelang sore hingga sekitar pukul 19.00 WIB. Arus lalu lintas di jalur ini cukup ramai, baik pagi, siang, maupun malam.
Pada sore hingga malam, kendaraan yang melintas didominasi oleh ELF. Jalur ini merupakan jalur utama dari Kota Garut menuju Kecamatan Pameungpeuk, lokasi Pantai Santolo yang merupakan objek wisata andalan Kabupaten Garut. Dari Kota Garut, ikuti terus jalan utama hingga tiba di Kecamatan Bayongbong. Setelah alun-alun Kecamatan Bayongbong akan ditemui pertigaan pada koordinat -7.271900, 107.813825. Ambil arah kanan di pertigaan ini. Pertigaan ini merupakan pertemuan jalan dari jalur Samarang dengan jalur yang melalui Garut kota dan dicirikan dengan adanya pasar. Selepas pertigaan ini, arus lalu lintas akan sedikit ramai. Setelah pertigaan Bayongbong, patokan berikutnya yaitu Pasar Cisurupan. Pasar Cisurupan sudah tidak akan asing lagi, karena merupakan patokan utama menuju Gunung Papandayan, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Garut. Ikuti jalan utama menuju Cidatar dan Cikajang. Selepas Pasar Cisurupan, arus lalu lintas akan sedikit lebih sepi dan kondisi jalan akan menjadi lebi lebar. Patokan berikutnya yaitu Pertigaan Papanggungan yang berada pada koordinat -7.347190, 107.801105. Ambil arah kiri atau yang mengarah ke Cikajang dan Pameungpeuk. Patokan berikutnya yaitu pusat Kecamatan Cikajang. Ikuti terus jalan utama hingga memasuki Perkebunan teh. Patokan berikutnya yaitu objek wisata Batu Tumpang yang berada tepat di pinggir jalan. Arus lalu lintas di jalur ini pada akhir pekan akan cukup ramai, baik oleh angkutan umum yang memang beroperasi pada jalur ini, maupun kendaraan yang touring menuju pesisir Garut Selatan. Setelah melewati Batu Tumpang, jalan akan sedikit mengecil dan akan semakin berkelok-kelok. Jarak antar tikungan cukup dekat, sehingga harus berhati-hati, karena tidak jarang bus besar pun melintas di jalur ini pada akhir pekan. Kondisi jalan sangat bagus, meskipun tidak ada lampu penerangan jalan ketika kabut tebal mulai turun di jalur ini. Setelah jalur dengan pemandangan perkebuna teh dan deretan perbukitan, jalur akan memasuki wilayah Gunung Gelap. Pada jalur ini, di sisi kiri jalan merupakan jurang yang sangat dalam dan pada dasarnya mengalir aliran Ci Sanggiri. Sungai Cisanggiri merupakan aliran sungai yang kemudian sebagian akan jatuh menjadi Curug Cialeuan dan Curug Nyogong.
19.  Curug Ciharus. (Lokasi : Kp. Dano, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Curug Dano salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Dano, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Obyek wisata yang juga disebut dengan Curug Ciharus ini belum begitu dikenal banyak orang karena letaknya sangat tersembunyi. Mata airnya berasal dari Gunung Gede, yaitu salah satu gunung yang bertetangga dengan Gunung Guntur. Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 100 meter dengan Kesegaran airnya yang sangat pas untuk melepaskan dahaga setelah perjalanan. Suara burung-burung dialam bebas seperti prenjak, kutilang, dan ciblek pun menambah nuansa alami di sekitarnya.
20.  Curug Cibadak. (Lokasi : Cisangkal, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Curug Cibadak terletak di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Jika kalian pergi dari arah Garut Kota menuju ke Garut Selatan, ambillah jalan terusan Cikajang-Pameungpeuk. Akses menuju Cihurip adalah berbelok ke kiri setelah masuk daerah Gunung Gelap, sebelum Neglasari. Sudah ada gapura masuk bertuliskan Kecamatan Cihurip, jadi jangan sampai terlewat. Dari sini jalan masih bagus, naik ke punggungan Gunung, dengan panorama yang luar biasa indah, baik di kiri maupun kanan jalan (kiri-kanan jurang lho, Travelmate). Walaupun jalannya bagus, tanjakan di sini lumayan curam, juga sempit dan rawan longsor, jadi harus sangat hati-hati. Terus ikuti jalan hingga ke pertigaan Desa Jayamukti, dan ambil jalan lurus. Dari Jayamukti ini jalan menjadi terjal berbatu dan cukup sulit untuk dilalui. Jika kalian membawa kendaraan roda dua atau roda empat, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi prima ya Travelmate. Dan jangan membawa kendaraan dengan chasis rendah karena pasti bakal sulit melewati jalan berbatu di sini. Untungnya beberapa tanjakan curam telah di beton sehingga relatif mudah dilalui.
Curug Cibadak adalah salah satu dari sekian banyak anugerah alam dari lansekap Garut Selatan yang khas. Lansekap pegunungan yang membatasi Garut bagian tengah dan Garut bagian selatan memang tidak seperti gunung-gunung tinggi, Papandayan, Guntur, dan Cikuray; deretan pegunungan di Garut selatan memiliki kontur yang sangat rapat dan dengan struktur tanah yang lebih banyak berupa batu besar. Kontur dan struktur tanah ini membentuk tebing-tebing tinggi yang sangat indah. Curug Cibadak yang tinggi menjulang dengan dua undakan terjunan air yang khasCurug Cibadak yang tinggi menjulang dengan dua undakan terjunan air yang khas. Kontur tanah yang rapat ini juga membuat Garut Selatan kaya akan anugerah alam. Dari mulai curug-curug tinggi, sungai dengan jeram yang sangat menantang, dan tebing-tebing tinggi yang menunggu untuk dipanjat. Akses yang sulit membuat kekayaan alam ini masih tersimpan rapi tak terjamah. Masih banyak curug-curug dan tebing-tebing tinggi, serta aliran sungai yang belum terjamah di Garut Selatan. Namun, lain halnya dengan Curug Cibadak, karena curug ini cukup mudah untuk ditemukan.
21.  Curug Rahong Cisewu. (Lokasi : Cisewu Kabupaten Garut).
Air terjun ini bernama Curug Rahong yang lokasinya berada di Garut Selatan tepatnya di kawasan Cisewu. Obyek wisata berupa air terjun ini memiliki ketinggian berkisar 10 meter ini menjadi spot favorit bagi mereka yang hendak berkunjung ke Pantai Rancabuaya. Yang menjadikan tempat ini menjadi spot favorit di Cisewu tidaklain karena letaknya yang mudah dikunjungi dan berada tepat dipinggir jalan raya utama Cisewu-Pantai Rancabuaya.
22.  Curug Citi’is. (Lokasi : Pasawahan, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Curug Citiis salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong. Luas areanya berkisar 30 m2 dan berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Konfigurasi umum lahan pada umumnya berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang agak curam, dan stabilitas tanah yang sedang. Kolam yang memiliki ukuran sekitar kurang lebih 10×5 meter di area seluas 2 hektare ini sangat digandrungi oleh para pengunjung karena dikelilingi perbukitan hijau nan asri. Tak heran, banyak wisatawan datang ke Pemandian Citiis, tak hanya sekadar untuk berendam di kolam air hangat.
23.  Curug Cimandi Racun. (Lokasi : Desa Jangkurang, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat).
Curug Cimandi Racun merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Obyek wsiata ini berupa air terjun yang berketinggian sekitar 25 meter. Sumber airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Diantara daya tarik obyek wisata ini adalah kegiatan menyaksikan alam melalui sebuah shelter yang terbangun dengan baik. Lingkungannya cukup baik dengan bentang alam yang menyenangkan mata. Udaranya sejuk, suhu sekitar berkisar antara 23-25 derajat celcius. Dengan kondisi alam yang masih asri dan hijau, Anda bisa memperoleh kesegaran yang cukup untuk relaksasi tubuh yang lelah dari aktivitas di kota.
24.  Pantai Santolo. (Lokasi : Desa Pamalayan, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Santolo merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Pamalayan, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Keindahan Pantai santolo sangat indah dan mempesona. Perpaduan udara yang sejuk serta hamparan pasir putih yang berdampingan dengan ombak laut yang berkilau bagai cahaya permata bakal menjadikan pengunjung betah berlama-lama di sana. Deretan terumbu karang yang menawan menjadi rumah bermacam biota laut yang sangat alami. Selain keindahannya, dipantai santolo ini juga menjadi tempat berkumpulnya para nelayan tradisional yang melaut dan merupakan daerah kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan atau perahu yang ada di pameungpeuk.
25.  Pantai Sayang Heulang. (Lokasi : Desa Mancagahar, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini tercatat memiliki panjang kurang lebih 3,5 km dengan lebar sekitar 50 meter, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada sana. Jarak tempuh pantai ini dari kota Pameungpeuk berkisar 4 km. Di lokasi wisata ini Anda bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dan biota laut.
26.  Pantai Puncak Guha. (Lokasi : Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut).
Pantai Puncak Guha merupakan salah satu obyek wsiata yang mulai terkenal di Kabupaten Garut. Obyek wisata ini tepatnya berlokasi di Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut. Di lokasi wisata ini, para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan sunset yang begitu indah dan mempesona, disertai dengan hembusan angin pantai yang begitu kencang, ombak yang berderu besar.
27.  Pantai Gunung Geder. (Lokasi :  Desa Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Gunung Geder berlokasi di Desa Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di lokasi wisata ini para pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih, lambaian ombak laut, dan hembusan angin yang menyegarkan. Selain itu pantai ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu tempat yang bisa dijadikan untuk menikmati fenomena Sunset. Sayangnya, pantai ini belum dikelola dengan baik sehingga kurang berkembang.
28.  Pantai Taman Manalusu. (Lokasi : JL Cilaut Eureun, Kiara Kohok, Cigadog, Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Taman Manalusu berlokasi di Cilaut Eureun, Kiara Kohok, Cigadog, Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Panorama alamnya yang indah dengan hamparan pasir laut yang bersih serta gugusan karang terjal di selama pantai jadi daya tarik sendiri yang disuguhi Taman Manalusu Garut. Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk menghilangkan rasa penat akibat padatnya aktivitas rutin sehari-hari.
29.  Pantai Cicalobak. (Lokasi : Depok, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Cicalobak berlokasi di Depok, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemandangan alam di sekitar Pantai Cicalobak begitu indah serta menakjubkan. Di pantai ini para pengunjung bisa menyaksikan hamparan karang yang terlihat unik dan eksotis. Lokasi pantainya ditumbuhi pohon-pohon khas laut, di kiri kanan pantai ada tebing menjulang tinggi hingga jadi daya tarik sendiri dan berikan kenikmatan untuk pengunjungnya.
30.  Pantai Rancabuaya. (Lokasi : Desa Purbayani, Caringin, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Racanbuaya berlokasi di Desa Purbayani, Caringin, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di lokasi pantai ini para pengunjung bisa menyaksikan batu-batu karang besar dan tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun yang langsung menghadap ke pantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak.
31.  Pantai Karang Paranje. (Lokasi : Desa Karyasari, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Karang Paranje berlokasi di Desa Karyasari, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di pantai ini para pengunjung bisa menyaksikan khasnya berupa bongkahan batu karang di ujung pasir pantai yang luas. Pantai Karang Paranje mulai tumbuh jadi obyek wisata di Garut, saung dan shelter di puncak karang mengingatkan kita ke panorama Pantai Cicalobak serta Tanah Lot Bali.
32.  Pantai Karang Tepas. (Lokasi : Desa Karyasari, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Karang Tepas berlokasi di Desa Karyasari, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada di Karang Tepas sungguh menakjubkan karena Anda akan serasa di depan geladak kapal yang sedang menerjang ombak. Tepas dalam bahasa sunda berarti teras depan rumah dan memang karang tepas seperti teras yang menghadap ke lautan lepas. Sebagian warga sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk memancing. Pantai ini sangat pas untuk menikmati pemandangan yang indah dan asri.
33.  Pantai Karang Pakpak. (Lokasi :  Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Karang Pakpak berlokasi di Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai Karang Papak ini bakalan memberikan suguhan pemandangan laut yang cantik. Jika cuaca sedang cerah, sunset dapat terlihat dengan terang dan jelas dari pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak spot yang asyik untuk berkemah. Ada banyak hamparan rumput datar dan terlindungi oleh pohon pandan laut.
34.  Pantai Karang Sebrotan.
Pantai Karang Sebrotan merupakan salah satu obyek wisata menarik di Garut yang sayang untuk melewatkan kunjungan ke sana. Di sebut Karang Sebrotan karena struktur karang di sini akan langsung menyemprotkan (sebrotan) ombak besar ke udara. bagi Anda yang hobi fotografi harus menunggu momen ini dan mengabadikan semprotan ombaknya. Seperti Karang Tepas, Karang Sebrotan juga masih sangat jarang dikunjungi, sehingga suasananya masih snagat asri dan alami. Lokasi wisata ini merupakan lokasi yang sering dikunjungi oleh pengunjung yang hobi memancing.
35.  Pantai Cijeruk Indah. (Lokasi : Desa Sagara, Pameungpeuk, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Cijeruk Indah berlokasi di Desa Sagara, Pameungpeuk, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai Cijeruk Indah masih asri atau alami dan belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak dinas pariwisata terkait. Meskipun demikian, pantai ini sering dikunjungin wisatawan lokal maupun mancanegara. Meskipun lokasinya jauh dari pusat kota Garut, dijamin pengunjung tidak akan merasa bosan melakukan perjalanan ke sana, karena selama perjalanan akan di suguhi dengan pemandangan kebun karet yang masih alami dan terjaga dengan baik.
36.  Pantai Sodong Bodas. (Lokasi : Kecamatan Caringin, Garut Selatan, Jawa Barat).
Pantai Sodong Bodas berlokasi di Kecamatan Caringin, Garut Selatan, Jawa Barat. Jika Anda berwisata ke Pantai Rancabuaya, pastikan untuk singgah Pantai Sodong Bodas yang tidak jauh darinya. Keindahan alam dan sensasi melihat deburan ombak yang besar dari pinggir tebing yang curam merupakan salah satu keistimewaan dari Pantai Sodong Bodas. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot untuk mengambil gambar yang bagus.
37.  Pantai Cicalobak. (Lokasi : Desa Karangwangi, Kecamatan Depok, Jawa Barat).
Pantai Cicalobak berlokasi di Desa Karangwangi, Kecamatan Depok, Jawa Barat. Pantai ini sangat indah dan eksotik dikarenakan karang-karang besar yang terlihat indah dan menarik mengelilinginya. Sayangnya, di kawasan pantai ini tidak ada villa, resort, atau pun penginapan yang di kelola secara profesional. Sehingga jika Anda hendak menginap mau tidak mau hanya di penginapan di sekitar Pantai santolo atau Sayang Heulang yang dekat dari lokasi Pantai Cicalobak.
38.  Pantai Cidora. (Lokasi : Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Cidora berlokasi di Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini terlihat masih sepi dan bersih. Sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin berwisata sambil menikmati suasana yang tenang. Tidak terlihat tumpukan sampah wisatawan di mana-mana, sehingga pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan. Sayangnya, ombak di pantai ini cukup tinggi, sehingga wisatawan tidak pernah diperkenankan untuk berenang.
39.  Pantai Cijayana. (Lokasi : Jl. Raya Pantai Cijayana, Mekarmukti, Kabupaten Garut Jawa Barat 44165).
Pantai Cijayana berlokasi di jalan Raya Pantai Cijayana, Mekarmukti, Kabupaten Garut Jawa Barat. Kawasan pantai ini masih sangat alami belum ada fasilitas umum yang dibangun sehingga kebersihan dan keindahan di sekitarnya masih sangat . Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan pantai ini antara lain fotografi ,menikmati pemandangan, piknik, memancing, jalan-jalan, berjemur, dan bermain ditepian pantai.
40.  Pantai Sancang. (Lokasi : Desa Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Sancang berlokasi di Desa Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di lokasi pantai ini para pengunjung bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai yang kadang memantulkan warna pink atau jingga saat air laut surut. Di dekat pantai tersebut terdapat mangrove berpasir putih yang berisi ratusan kepiting bakau, klomang, dan ikan glodok, serta beragam spesies bakau.
41.  Pantai Sodong Lalay. (Lokasi : Kp. Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Sodong Lalay berlokasi di Kp. Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pertigaan jalan menuju wisata Selok. Perjalanan ke pantai Sodong dari pertigaan jalan ini memakan waktu sekitar 10 menitan.Di sepanjang perjalanan para pengunjung bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang indah berupa sawah-sawah dan rumah-rumah penduduk desa Karangbenda. Pemandangan di sekitar pantai Sodong ini menarik karena bersinggungan langsung dengan gunung Seloknya.
42.  Pantai Citanggeuleuk. (Lokasi : Kp. Citanggeuleuk Ds. Kec. Kab., Karangwangi, Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat).
Pantai Citanggeuleuk berlokasi di Kp. Citanggeuleuk Ds. Kec. Kab., Karangwangi, Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di bibir pantai ini para pengunjung bisa menikmati deburan ombak yang terlihat menghantam tebing. Pemandangan alam yang unik dan sangat indah ini tentunya tidak akan kami lewatkan begitu saja. Keindahan alam pantai ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.
43.  Pantai Manalusu. (Lokasi : Desa Cigadog Cikelet Kabupaten Garut Jawa Barat).
Pantai Manalusu berlokasi di Desa Cigadog Cikelet Kabupaten Garut Jawa Barat. Keindahan pantai ini sangat luar biasa. Di bawah lautnya terdapat beragam ikan berwarna-warni yang indah dan menarik, serta jejeran terumbu karang yang terlihat indah dan mempesona. Bagi Anda yang ingin menghabiskan masa-masa liburan dengan berwisata pantai, pastikan Pantai Manalusu masuk dalam rute perjalanan wisata Anda.
(Semua Gambarnya akan menyusul Kemudian dan nanti akan di bahas satu persatu secara detail di artikel lainnya)


0 komentar:

Post a Comment