Tanaman Yang Cocok Ditanam di Musim Hujan

A.    Pendahuluan.
Musim hujan tentu menjadi berkah untuk mulai bercocok tanam, setelah usainya musim kemarau para petani akan memulai bercocok tanam menyesuaikan jenis tanaman yang cocok untuk di tanam di musim hujan, tidak semua tanaman dapat hidup sehat di tanam di musim-musim hujan lebat, walaupun dengan adanya air tanaman akan lebih baik tentu akan tidak baik ketika musim hujan datang setiap hari karena tanaman yang sering terkena air secara terus menerus justru akan menyebabkan kematian pada tanaman tersebut untuk itu bagi petani yang cerdas tentu sudah mengetahui jenis tanaman apa saja yng baik di tanam di musim hujan ini. Musim hujan yang lebat biasanya akan datang sekiat bulan- bulan Desember, dan januari biasanya mencapai puncaknya bila tanaman tidak kuat akan terjangan air yang tiap hari datang tanaman akan mudah membusuk, beberapa tanaman yang baik untuk di budi dayakan di musim hujan seperti ini adalah jenis tanaman sayurannya yang memiliki tingkat ketahanan terhadap cuaca.
B.     Sayuran Yang Cocok Di Tanam Di Musim Hujan.
Berikut ini kami akan menjabarkan beberapa jenis tanaman sayuran yang cocok di budi dayakan di musim kemarau ini, di antaranya adalah :
1.      Sayuran Kangkung.
Pada lingkungan alamnya kangkung memang biasanya hidup di dataran rendah yang memiliki iklim dengan kelembapan yang cukup tinggi bahkan kangkung juga sering hidup di perairan, namun karena adanya pembudidayaan dengan proses pembuatan variates baru sekarang jenis kangkung sudah banyak di budidayakan di dataran atau di tanah namun itu tidak mengubah akan tingkat ketahanan kangkung akan cuaca yang lembab bahkan bisa tergenang, itu makanya kangkung juga sangat baik untuk di budidayakan di musim hujan.
2.      Sayuran Genjer.
Begitu juga sayuran genjer, genjer tentu palin pas untuk di budidayakan di lingkungan yang berair bahkan genjer lebih cocok dy tanam di persawahan yang memiliki genangan air itu yang menyebabkan sayuran genjer paling pas di tanam di musim hujan sebagai alternatif untuk menanam sayuran.
3.      Sawi Putih.
Meski sawi putih kebayakan di budidayakan di darat namun bukan berarti sawi tidak cocok di tanam di musim hujan bahkan sayuran sawi sangat kuat dan tidak mudah layu jika terkena rintihan hujan secara terus menerus, perawatan sawi juga cukup mudah dan tidak membutuhkan biasa yang tinggi.
4.      Selada.
Selada adalah jenis sayuran yang biasa di manfaatkan sebagai lalapan. Tanaman sayuran ini sangat di gemari apalagi di musim hujan, pada cuaca yang sering hujan sehari- hari selada sangat kuat untuk menanamnya bahkan tanaman selada bisa hidup subur di musim hujan.
5.      Seledri.
Tanam yang biasa di gunakan sebagai bumbu dapur ini memang  banyak yang menggemari, aroma yang di perlukan untuk pewangi bumbu masakan membuat masakan akan menjadi lebih mantap ketika menggunakan campuran seledri ini, dan seledri sangat cocok untuk di tanam di musim hujan.
6.      Daun Bawang.
Untuk melakukan penanaman daun bawang ini sangat membutuhkan stock air yang cukup banyak dan akan lebih baik penanaman daun bawang di tanam pada musim-musim hujan.
7.      Bayam.
Penanaman bayam di musim hujan seperti bulan-bulan januari adalah sangat baik pada tahap pembesaran setelah sebelumnya di lakukan penyemaian.
C.    Sayuran Buah Yang Cocok Di Musim Hujan.
Sayuran buah yang paling pas di tanam di musim hujan adalah :
1.      Pare atau Paria
Penanam pare di musim hujan seperti ini tentu sangat baik, karena jenis sayuran buah pare memang cocok di tanam di musim hujan.
2.      Buncis.
Penanam buncis di suhu cuaca yang lembab dengan tingkat hujan yang cukup tinggi justru akan membuat sayuran buah pare bisa hidup subur dan berkembang dengan pesatnya.
3.      Kacang Panjang.
Bagi yang akan menanam kacang panjang di musim hujan jangan ragu karena sangat baik kacang panjang di tanam di musim hujan .
4.      Kacang Kara.
Kara adalah jenis sayuran yang menurut pandangan saya sangat jarang yang mengembangkan, mungkin saatnya yang tepat sekarang ini dengan tingkat hujan yang cukup tinggi.


0 komentar:

Post a Comment