Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh 

A.    Pendahuluan.
Wortel merupakan salah satu sayuran yang populer diseluruh dunia. Ia sangat dikenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya cukup ekonomis, wortel adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai bagian dari kuliner, wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar atau di buat jus. Lalu Apa saja manfaat yang bisa diperoleh tubuh kita, jika mengkonsumsi wortel mentah atau jus ?.
B.     Kandungan Gizi dan Manfaat Wortel.
Kandungan gizi wortel dan Manfaat rutin minum jus wortel bagi Kesehatan Minum jus wortel adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan berbagai macam mineral dan vitamin penting dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu saja akan sangat menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.
Kandungan gizi wortel, diantaranya :
1.      Kalori.
Satu porsi jus wortel (satu cangkir) mengandung sekitar 80 kalori. Bagi Anda yang membutuhkan asupan 2000 kalori per hari, maka secangkir jus wortel sudah memenuhi sekitar 4 persen dari asupan total kalori harian Anda. Jika dibandingkan dengan pilihan jus lain dalam  jumlah yang sama, jus jeruk menyediakan 113 kalori, sementara itu jus tomat mengandung 50 kalori.
2.      Vitamin dan Mineral.
Setiap cangkir jus wortel mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari.
a.      Vitamin A.
Jika Anda minum secangkir jus wortel, maka Anda sudah memenuhi sekitar 340 persen dari kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan. Wortel sangat tinggi kandungan vitamin ini.
b.      Kalium.
Kalium adalah elektrolit penting yang juga sangat Anda butuhkan. Dengan meminum secangkir jus wortel, berarti Anda sudah mendapatkan 18 persen dari kebutuhan harian yang dianjurkan
c.       Zat Besi.
1 cangkir jus wortel menyediakan sekitar 1,1mg zat besi. Hal ini berarti Anda sudah memenuhi sekitar 14% kebutuhan harian zat besi yang direkomendasikan.
d.      Vitamin C.
100g Jus wortel mengandung vitamin C sebanyak 3 miligram, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.
e.       Vitamin E.
Anda juga akan mendapatkan 0,3 miligram vitamin E dari 100g jus wortel, yang diperlukan tubuh untuk pembentukan hormon dan menjaga kesehatan sel-sel stubuh.
f.       Vitamin B.
Jus wortel juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks yang sangat baik. 100g jus wortel segar menyediakan 0,01 miligram vitamin B1, yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf dan otak agar berfungsi dengan baik. Sementara itu juga mengandung 0,02 miligram vitamin B2,  yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme.
3.      Makronutrisi.
Makronutisi Wortel diantaranya :
1.      Lemak.
Lemak merupakan salah satu makronutrien yang stak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Secangkir jus wortel hanya mengandung 0,7 gram lemak.
2.      Protein.
Menurut MayoClinic, antara 10 dan 35 persen dari asupan kalori harian kita berasal dari protein, yang variasinya tergantung dari masing-masing individu. Dengan kandungan protein yang hanya 1,3 gram per cangkiri, jus wortel merupakan sumber rendah yang bagus.
3.      Karbohidrat.
Kebanyakan diet harian harus mencukupi sekitar 225 dan 325 gram karbohidrat. Satu porsi cangkir Jus wortel hanya menyediakan karbohidrat 18 gram saja.
C.    Manfaat Jus Wortel.
Manfaat Jus Wortel diantaranya :
1.      Merangsang Nafsu Makan dan Meningkatkan fungsi Pencernaan.
Jika Anda mengkonsumsi jus wortel sekitar 20 menit sebelum makan, maka itu akan membantu merangsang sekresi cairan pencernaan oleh tubuh. Dengan demikian, nafsu makan Anda akan meningkat. Wortel juga menyediakan serat larut, dimana yang sangat membantu organ pencernaan agar bisa bekerja dengan lancar. Dengan demikian, Anda akan jauh dari masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, dll.
2.      Meningkatkan Penglihatan.
Semua orang juga pasti sudah tahu, jika makan wortel itu sangat baik bagi penglihatan. Hal ini karena wortel mengandung beta-karoten dan lutein, yaitu senyawa yang juga ditemukan terkonsentrasi di retina. Senyawa ini bermanfaat melindungi penglihatan, khususnya pada malam hari. Hati kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A , dan kemudian senyawa ini masuk ke retina dan menjadi rhodopsin(zat yang diperlukan untuk penglihatan malam yang sehat).
3.      Mencegah Kanker.
Jus wortel mengandung antioksidan jenis karotenoid, yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara pascamenopause hingga sebesar 20%. Beberapa studi juga menemukan bahwa manfaat jus wortel bisa menurunkan 50% resiko terjadinya beberapa penyakit kanker, yakni : usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih. Penelitian lain menunjukkan hasil yang sama dengan kanker paru-paru. Para peneliti percaya, bahwa efek ini disebabkan oleh kandungan xanthophylls, gamma-karoten, likopen, lutein, dan alpha-karoten dalam wortel.
4.      Mengatur Gula Darah.
Para peneliti percaya bahwa wortel juga bisa membantu mengatur kadar gula darah Anda. Hal ini terutama karena kandungan karotenoid yang tinggi pada wortel, yang telah berbanding terbalik dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi.
5.      Menyehatkan Paru - paru.
Jus wortel sangat baik untuk mempromosikan kesehatan paru-paru. Hal ini termasuk melindungi sistem pernafasan kita dari risiko infeksi, serta membantu untuk melawan efek samping buruk yang berhubungan dengan polusi udara merokok. Hal ini karena jus wortel sangat kaya akan vitamin A, yang juga dapat membantu mengurangi risiko emphysema – yang merupakan salah satu risiko paling besar bagi para perokok.
6.      Bermanfaat bagi kesehatan Kulit.
Jika Anda kekurangan vitamin A , maka Anda berpeluang tinggi untuk mengalami kerusakan dan kekeringan pada rambut, kuku dan kulit. Karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, jus wortel juga membantu mengatasi kondisi psoriasis dan masalah kulit kering lainnya.
7.      Memperkaya Laktasi.
Ibu menyusui juga bisa mempertimbangkan manfaat jus wortel, karena bisa membantu untuk memperkaya jumlah keluaran ASI nya. Selain itu, juga membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Minum Jus wortel juga merupakan cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk bisa mendapatkan asupan vitamin A.
8.      Meningkatkan Fungsi Hati.
Salah satu metode yang paling berguna untuk mendetoksifikasi liver Anda adalah dengan minum antara 2 atau  3 gelas jus wortel setiap hari. Minum jus wortel dalam jumlah ini akan menyebabkan warna oranye pada kulit Anda, karena racun dari empedu sedang dibersihkan dari liver Anda.
9.      Manfaat lain : Jus wortel juga dikenal para ahli bisa
a.       Membantu menyeimbangkan keasaman dalam darah,
b.      Membantu membersihkan jerawat,
c.       Mengatasi anemia,
d.      Membantu aterosklerosis, asma, kolesterol, sembelit, bisul, dan retensi air.
Perhatian Wortel yang warnanya lebih gelap lebih tinggi mengandung karoten. Rasa manis jus wortel ini adalah berasal dari kadar gula alaminya yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus meminta saran dokter sebelum minum banyak jus wortel.
Berikut ini daftar nutrisi yang terdapat dalam 100 gram sayuran wortel segar :
a.       Ada 80 Kalori.
b.      Vitamin A yang berlimpah.
c.       3 miligram vitamin C.
d.      0,3 mili gram vitamin E.
e.       0,01 miligram vitamin B1.
f.       0,02 mg vitamin B2.
Daftar nutrisi tersebut dapat bertambah apabila anda menyertakan bahan-bahan lain untuk campuran resep jus wortel. Selain itu, tingkat kesegaran bahan juga mempengaruhi nilai gizi serta enak tidaknya olahan juice yang anda buat, jadi usahakan memilih wortel dalam kondisi segar.
D.    Manfaat Minum Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh.
Manfaat Minum Jus wortel Bagi Kesehatan Tubuh diantaranya :
1.      Dapat merangsang nafsu makan sekaligus menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.
2.      Beta-karoten dan lutein di dalam sayur ini akan meningkatkan kesehatan serta ketajaman mata.
3.      Mencegah tubuh terserang penyakit kanker payudara, usus besar, pangkal tenggorokan, prostat, leher rahim dan kandung kemih.
4.      Jika dicampur buah tomat, manfaat jus wortel dan tomat adalah menjaga kesehatan mata dengan mencegah terjadinya degenerasi makula, rabun senja serta katarak pada usia lanjut.
5.      Kandungan karotenoid yang tinggi berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah, sehingga tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah.
6.      Selain buah pisang, wortel merupakan salah satu bahan yang cocok diolah menjadi jus sehat untuk perokok karena berguna untuk mencegah sesak nafas, infeksi paru-paru dan bahkan mampu menghentikan kebiasaan merokok.
7.      Khusus bagi pasangan suami istri, khasiat jus wortel untuk kesuburan adalah merangsang kelenjar porfirin serta meningkatkan hormon seks. Khasiat ini akan lebih maksimal jika dibuat mix juice dengan tomat dan apel.
8.      Berkat kandungan vitamin A yang tinggi, jus sayur wortel berguna untuk merawat kesehatan kulit, kuku, dan rambut dari dalam.
9.      Bagi ibu menyusui, jus wortel berguna dalam memperbanyak produksi ASI serta menjaga kesehatan mata ibu maupun buah hati.
10.  Meningkatkan fungsi hati dalam membuang racun jika kulit anda berwarna oranye setelah minum jus artinya empedu sedang dibersihkan dari racun tubuh.
11.  Menjaga tingkat keasaman darah tetap seimbang dan mengatasi masalah kolesterol secara alami.
12.  Manfaat lain yang diperoleh dari minum jus wortel adalah membersihkan jerawat, melawan anemia, asma, sembelit, susah buang air besar, mengobati cacing kremi pada anak, cacar air, campak, dan mengatasi diare kronis pada bayi.
Menurut hasil riset, konsumsi jus wortel secara teratur juga bermanfaat melawan sel kanker, mengobati kista pada wanita serta mengatasi berbagai masalah kesehatan.
E.     Tips Cara Memilih Wortel Untuk Dibuat Jus Sehat.
Cara Memilih Wortel untuk dibuat Jus, diantaranya : 
1.      Lihat bentuk fisiknya, pilih yang tidak retak dengan tekstur mulus (halus), warna cerah (tidak kusam) dan renyah.
2.      Selalu memilih wortel ukuran sedang dengan bentuk lancip ke ujung (semakin ke ujung semakin langsing).
3.      Pilih yang masih muda karena rasanya lebih manis dan enak dibuat jus.
4.      Jika terlalu tua karena terlambat dipanen, serat pada umbi wortel menjadi kasar dan tidak enak untuk disantap.
5.      Jika masih ada daun yang menempel dengan warna hijau segar, maka bisa dipastikan wortel tersebut akan menghasilkan jus super enak dan bergizi tinggi.
F.     Cara Membuat Jus Wortel Yang Enak Dan Sehat.
1.      Jus Wortel Jeruk.
a.      Bahan - bahan :
1.      200 gram wortel.
2.      100 ml air matang.
3.      4 buah jeruk manis.
4.      Gula pasir secukupnya (jika kurang manis).
5.      Es batu secukupnya.
b.      Cara membuatnya :
1.      Cuci wortel sampai bersih kemudian kupas dan potong dadu.
2.      Belah jeruk manis lalu ambil airnya.
3.      Masukkan wortel, air dan gula ke dalam blender. Haluskan.
4.      Tambahkan air jeruk lalu aduk sampai rata.
5.      Tuang ke gelas saji dan tambahkan es batu secukupnya.
6.      Sajikan untuk dua gelas.
2.      Jus Wortel Mix Buah dan Sayur.
a.      Bahan - bahan :
1.      4 buah wortel.
2.      1 buah pir.
3.      6 lembar daun seledri.
4.      Segenggam peterseli.
5.      Air secukupnya.
b.      Cara mengolahnya :
1.      Cuci semua bahan dan kupas kulitnya.
2.      Masukkan semua ke dalam blender dan proses hingga lembut.
3.      Saring dan tuang ke dalam gelas.
4.      Sajikan segera.
3.      Smoothie Wortel Campur Jahe.
a.      Bahan - bahan :
1.      1 buah pisang ambon.
2.      5 wortel segar.
3.      1/2 gelas yogurt plain.
4.      3/4 cm jahe.
5.      1 gelas es batu.
b.      Cara membuatnya :
1.      Haluskan wortel dengan blender kemudian tuang ke wadah.
2.      Potong buah pisang kecil-kecil, kupas kulit jahe lalu cincang halus.
3.      Masukkan semua bahan ke dalam blender termasuk jus wortel yang sudah dibuat tadi.
4.      Sajikan selagi dingin.
4.      Jus Wortel Bit.
a.      Bahan - bahan :
1.      1 buah bit ukuran sedang.
2.      1 buah wortel segar.
3.      2 sdm sirup gula.
4.      Es batu secukupnya.
b.      Cara mengolahnya :
1.      Cuci wortel dan bit sampai bersih, kemudian kupas dan potong-potong.
2.      Campur bit dan wortel ke dalam juicer.
3.      Proses hingga sari buahnya keluar.
4.      Tuang ke dalam gelas, tambahkan sirup gula. Aduk rata.
5.      Sajikan dengan potongan es batu di atas jus.
5.      Jus Wortel Susu.
a.      Bahan - bahan :
1.      200 g wortel segar.
2.      100 ml susu rendah lemak.
3.      Potongan es batu secukupnya.
b.      Cara membuat jus wortel susu :
1.      Ambil sari wortel dengan juice extractor.
2.      Jika memakai blender, tambahkan sedikit air kemudian blender hingga halus. Saring jus untuk memisahkan ampas dan sarinya.
3.      Campur sari wortel dengan susu, aduk rata.
4.      Sajikan jus dengan potongan es batu agar lebih segar.
6.      Jus Wortel Campur Pepaya.
a.      Bahan - bahan :
1.      100 gram papaya.
2.      50 gram wortel.
3.      1 sdm air jeruk nipis.
4.      1 sdm sirup gula.
5.      1 gelas air matang.
6.      Es batu secukupnya.
b.      Cara membuat jus wortel :
1.      Iris kecil-kecil (bentuk dadu) bahan wortel dan pepaya agar mudah hancur. Masukkan ke dalam gelas blender.
2.      Tambahkan air putih matang, sirup gula kemudian proses sampai halus.
3.      Tuang ke gelas saji, tambahkan air perasan jeruk nipis lalu aduk rata.
Agar lebih segar, sajikan dengan menambahkan potongan es batu di atasnya

0 komentar:

Post a Comment